Rabu, 18 Februari 2015

Tugas Ekonomi Teknik #

PROPOSAL USAHA
“TOKO ALAT OLAHRAGA”
Disusun Oleh :
Nama                                :
Program Keahlian         :
SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
LEMBAR PENGESAHAN
Judul                   : Proposal Usaha “TOKO ALAT OLAHRAGA”
Nama                   :
Kelas                   :
Proposal ini telah diterima dan disahkan pada :
Hari                     :
Tanggal               :
Oleh :
Ketua Jurusan/ Ka. Prog.                                                                                      Guru Pembimbing

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME . Diantara sekian banyak nikmat Tuhan YME  yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Tuham YME, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.








PENDAHULUAN
Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka alat olahraga, untuk semua masyarakat.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan olahraga bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.


Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan olahraga, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha toko alat olahraga dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
ini sangat tepat untuk membuka usaha toko alat olahraga, karena hingga saat ini tidak ada tempat toko alat olahraga yang menjual kebutuhan olahraga dengan harga terjangkau atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan seperti ini.

Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan alat olahraga
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.


KEGIATAN USAHA
Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.


Target Pelanggan
Target pelanggan toko alat olahraga ini adalah : masyarakat yang gemar dengan olahraga tertentu
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal alat olahraga dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan di kalangan masyarakat




Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha toko alat olahraga  ini masih belum terdapat sebuah tempat toko alat olahraga dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Toko alat olahraga  membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha toko alat olahraga  ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha toko alat olahraga lainnya.
Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan



RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Raket Bulutangkis
 Rp.  100.000,-
2
Sepatu Futsal
Rp. 250.000   ,-
3
Sepatu Badminton
Rp. 250.000,-
4
Kaos Olahraga
 Rp. 25.000,-
5
Bola Futsal
Rp.   125.000,-
6
Bola Basket
Rp 125.000,-
7
Bola Voli
Rp. 125.000,-
8
Raket Tennis
Rp.150.000,-


Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
•         memberikan potongan harga pada konsumen yang membeli banyak barang
 •         mempromosikan tempat usaha dan harga produk melalui brosur.


PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian toko alat olahraga sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   10.000.000,-
Tempat pajangan
Rp. 5.000.000,-
Etalase
Rp.   5.000.000 ,-
Jumlah Modal Produksi
Rp. 20.000.000,-
2.      Biaya lain-lain
·         Listrik                                                    Rp. 3.000.000,-
·         Asuransi                                                 Rp. 10.000.000,-
·         Pajak                                                      Rp.   3.000.000,-
·         Pemeliharaan peralatan                             Rp 1.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                            Rp. 17.000.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 20.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                        Rp.   17.000.000,-    +
Total                                                                  Rp. 37.000.000,-









Proyeksi Aliran Kas
Untuk toko alat olahraga kami proyeksi keuntungan kotor adalah 20% dari penghasilan. Rata-rata untuk toko alat olahraga kami ini, akan mampu menjual sekitar 100 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 10 – 50 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun pertama, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke tempat lainnya.
4
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.      Penyusutan gedung
Rp.   5.000.000,-
2.      Penyusutan peralatan
Rp. 2.000.000,-
Jumlah
Rp. 7.000.000,-







Pendapatan
Penjualan peralatan olahraga
Rp. 10.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 10.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 10.000.000,-
Rp. 37.000.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 47.000.000,-

5

PENUTUP
Harapan saya untuk usaha “toko alat olahraga” ialah supaya toko alat olahraga ini bisa lebih berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.      Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.      Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju


Tidak ada komentar:

Posting Komentar